Ingin Mendapatkan Foto Seperti DSLR? Inilah Tips Mendapatkan Foto Bokeh di Smartphone

Blogodroid.com - Saat ini banyak sekali jenis media sosial yang digunakan dan banyak sekali yang saling berbagi foto pada media tersebut. Baik itu foto berlibur atau foto ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Dari foto-foto yang terdapat pada media sosial bisa dilihat bahwa banyak sekali jenis foto yang menggunakan background blur atau foto bokeh.

Dulunya foto bokeh bisa didapatkan dari kamera profesional namun sekarang hanya dengan smartphone sudah bisa menghasilkan foto yang tidak kalah menarik dengan foto hasil dari kamera profesional.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat foto bokeh dari smartphone. Apa kamu ingin mendapatkan foto seperti DSLR? Inilah tips mendapatkan foto bokeh di Smartphone.
Bokeh, bokeh effect, efek bokeh, lens, wallpaper, iphone smartphone, dual camera, htc, huawei, honor
Image : Androidpit.com

Tips Mendapatkan Foto Bokeh di Smartphone


1. Mendekat dengan objek foto

Tips pertama untuk mendapatkan foto bokeh di smartphone adalah mendekatkan kamera dengan objek foto karena foto bokeh memiliki fokus terhadap satu objek yang memenuhi frame. Poin penting dari foto bokeh di smartphone adalah mengatur jarak kamera pada objek. Atur jarak kamera antara 1,5 – 2,5 meter dengan objek foto dan setelah itu pastikan objek utama foto kembali berada pada bagian depan frame.

2. Jarak objek foto dengan background

Tips yang selanjutnya adalah mengatur jarak objek foto dengan background. Objek yang terlalu dekat dengan background akan membuat hasil foto bokeh kurang memuaskan. Oleh karena itu, semakin jauh jarak objek dengan background maka semakin bagus foto bokeh yang dihasilkan.

3. Tidak menggunakan objek yang terlalu ramai

Untuk mendapatkan foto bokeh yang menarik, hindari berfoto dengan objek yang terlau banyak dalam satu frame. Jumlah objek yang masih bisa digunakan untuk foto bokeh adalah 2 sampai 3 orang saja.

4. Tap Objek

Mengatur fokus pada objek foto menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh
ditinggalkan jika ingin mendapatkan foto bokeh. Lakukan hal tersebut dengan cara
melakukan tap pada objek yang berada pada frame. Selain itu,  jangan lupa untuk mengatur jumlah exposure ketika pengambilan foto berada di kondisi cahaya yang cukup terang.

5. Fokus Manual

Gunakan fitur fokus manual yang terdapat pada kamera smartphone. Fitur ini bisa
digunakan untuk mengatur tingkat blur dan jarak fokus kamera pada objek yang akan difoto.

6. Komposisi Rule of Third

Selain jarak, mengatur komposisi adalah salah satu unsur penting yang tidak bisa
ditinggalkan ketika membuat foto bokeh. Mengatur objek foto pada posisi yang tepat akan menghasilkan foto yang menawan dan komposisi yang digunakan oleh fotografer adalah komposisi rule of third. Cara mengikuti komposisi ini cukup dengan mengaktifkan grid pada layar. Grid pada layar tersebut digunakan sebgai acuan. Setelah itu tempatkan objek pada garis vertikal pada sisi kanan atau kiri dan selanjutnya beri sisa background pada sisi yang sebaliknya.


BACA JUGA


7. Fitur Lens Blur

Jika ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk mendapatkan foto bokeh dari smartphone, Anda bisa menggunakan fitur Lens Blur yang disediakan pada aplikasi Google Camera. Cara menggunakan mode ini cukup mudah yaitu dengan mengambil jarak 1,5 meter dari objek yang akan difoto. Setelah itu mengambil foto dengan menggerakkan smartphone ke atas secara perlahan.

8. Aplikasi editing

Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto bokeh seperti Lens Blur, AfterFocus, atau PicsArt.

Itulah sedikit ulasan tentang artikel yang berjudul ‘Ingin Mendapatkan Foto Seperti DSLR ? Inilah Tips Mendapatkan Foto Bokeh Di Smartphone’. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Ingin Mendapatkan Foto Seperti DSLR? Inilah Tips Mendapatkan Foto Bokeh di Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel