Tips Meningkatkan Performa Smartphone Tanpa Root, Cocok untuk Smartphone Kamu yang Lambat

Blogodroid.com - Saat ini banyak sekali aktivitas yang dilakukan melalui smartphone, misalnya saja bermain game atau mendengarkan musik. Sebelum ada smartphone atau ponsel, mendengarkan musik menggunakan radio dan ketika bermain game biasanya menggunakan playstation, komputer, atau yang lainnya. Namun teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa fungsi media elektronik bisa dilakukan pada smartphone.

Tak hanya itu saja, ada juga yang memanfaatkan smartphone menjadi media untuk bekerja, misalnya saja berjualan online. Berjualan online membuat pengguna terus-menerus menggunakan smartphone. Penggunaan smartphone yang terus menerus dan tanpa jeda membuat kemampuan smartphone menjadi turun. Jika sudah begitu, kinerja smartphone akan lambat dan penggunaannya menjadi tidak maksimal lagi.
Meningkatkan Smartphone Tanpa Root
Image : gantekno.com

Meningkatkan Smartphone Tanpa Root

Ada beberapa tips untuk membuat performa menjadi seperti semula. Berikut tips meningkatkan performa smartphone tanpa root, cocok untuk smartphone kamu yang lambat:

1. Tidak menggunakan animasi dan live wallpaper

Setiap smartphone pasti memilki fitur animasi yang akan muncul  ketika menggulir layar, membuka atau menutup aplikasi, atau ketika menyalakan smartphone. Animasi yang digunakan pada smartphone akan membuat kerja ponsel menjadi lebih berat. Tak hanya itu, penggunaan RAM juga akan meningkat.

Tidak jauh berbeda dengan animasi, live wallpaper yang biasa digunakan pada home screem juga dapat memakai banyak RAM. Agar performa smartphone tidak lambat, matikan fitur animasi dan live wallpaper.

2. Menggunakan aplikasi yang dibutuhkan

Lebih baik menginstall atau menggunakan aplikasi yang dibutuhkan saja. Aplikasi lama yang sudah tidak terpakai membuat smartphone menjadi lambat karena aplikasi tersebut menyala tanpa disadari oleh pengguna. Hal itu juga terjadi ketika memasang atau memperbarui aplikasi secara bersama-sama. Jika memang sudah tidak dipakai, uninstall atau copot pemasangan aplikasi tersebut.

3. Adanya sinkronisasi aplikasi yang tetap berjalan.

Pada smartphone pasti ada saja aplikasi yang menyala secara otomatis dan fitur sinkronisasi yang ada pada setiap aplikasi menggunakan RAM yang cukup banyak ketika prosesnya berjalan. Untuk membuat kinerja smartphone kembali kencang, hentikan aplikasi yang berjalan pada background dan sinkronisasi pada aplikasi.

4. Matikan jaringan yang tidak digunakan

Smartphone memiliki beberapa jaringan dengan fungsi yang berbeda-beda. Koneksi jaringan tersebut ketika aktif akan membuat kinerja RAM menjadi lambat. Tak hanya itu, smartphone juga menjadi lebih cepat panas. Jika sedang tidak diperlukan, matikan jaringan yang tersedia. Bisa juga menggunakan flight mode atau mode terbang ketika tidak memerlukan jaringan tersebut.

5. Memakai aplikasi peningkat RAM

Tips meningkatkan performa smartphone tanpa root, cocok untuk smartphone kamu yang lambat terakhir adalah menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi yang dapat mengoptimalkan kinerja RAM sangat banyak tersedia dan bisa digunakan untuk membuat kerja smartphone menjadi lebih maksimal. Beberapa aplikasi yang dapat meningkatkan RAM diantaranya RAM Manager Pro, Smart RAM Booster, RAM Control Extreme, dan masih banyak lagi aplikasi yang lainnya.

Selain beberapa tips di atas, pengguna smartphone juga harus memperhatikan
penyimpanan file pada smartphone karena file tersimpan juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone. File berupa foto, lagu, video, atau dokumen yang tersimpan terlalu banyak akan membuat kerja RAM menjadi lebih berat, apalagi jika kapasitas penyimpanannya hampir penuh. Agar tidak menghambat kerja RAM, simpan file pada memori yang lain.

Itulah beberapa tips meningkatkan performa smartphone tanpa root, cocok untuk smartphone kamu yang lambat. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Tips Meningkatkan Performa Smartphone Tanpa Root, Cocok untuk Smartphone Kamu yang Lambat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel